Cara Memulai Bisnis Online

Di zaman sekarang ini, banyak orang yang mencari cara memulai bisnis online, sebagai cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan ataupun yang memang ingin fokus menerjuni sebagai ladang penghasilan utama.
Di sini saya akan membahas tentang persiapan cara memulai bisnis online, yakni hal-hal penting yang perlu dilakukan diawal bagi seorang pebisnis online.
(Khususnya bagi yang baru mulai terjun di dunia ini)
Sebenarnya banyak hal yang bisa kita persiapkan. Tetapi saya akan membahasnya secara singkat saja, dan saya akan bagi menjadi tiga langkah utama.
Apa saja langkah-langkah tersebut?


Langkah Pertama..

 

Pertama-tama adalah tentukan apa target niche Anda.
Artinya, apa yang akan Anda jual, atau apa topik dari website Anda. Tidak perlu terlalu detil. Yang penting Anda memiliki gambaran besar mengenai tentang rencana Anda.
Menurut pengalaman saya, langkah pertama ini adalah yang terberat.
Mengapa?
Karena kita harus menyusun konsep dari usaha kita.
Hambatannya adalah, terkadang kita menginginkan segala sesuatu sempurna.
Saya sarankan untuk tahap pertama ini, tidak usah terlalu detail dulu. Anda mesti rela untuk menginvestasikan waktu, tenaga, dan mungkin bahkan uang, untuk belajar.


Langkah Kedua..

 

Tahap berikutnya adalah membuat website.
Anda akan banyak berkutat dengan hal-hal yang sifatnya teknis, seperti belajar menginstal aplikasi website, dan mungkin sedikit belajar bahasa pemrograman web.
Untuk membuat website, Anda pasti akan membutuhkan nama domain dan hosting.
Apa itu domain? Dan apa itu hosting?
  • Domain adalah nama website Anda, contoh: www.namadomain.com.
  • Ibarat rumah, nama domain adalah alamat rumah Anda. Jadi usahakan saat Anda memutuskan untuk membuat nama domain, kaitkan dengan nama Anda, atau topik website Anda, atau jenis usaha Anda.
  • Hosting adalah wadah untuk menyimpan nama domain Anda..
  • Jika menggunakan analogi rumah di atas, hosting itu ibaratkan tanahnya. Semakin besar kapasitas hosting, maka semakin luas pula ukuran tanah rumah Anda.
Untuk tahap permulaan, Anda mungkin tidak perlu space hosting yang terlalu besar.
Anda dapat menyiapkan dana 150 ribu untuk sewa hosting, dan membeli nama domain sekitar 95 ribu.
Tapi ingat, nama domain hanya berlaku selama setahun, jadi tahun depan jika Anda masih ingin menggunakannya, Anda harus melakukan perpanjangan.
Kabar baiknya.. Anda masih bisa membuat website dengan gratis. Untuk itu, Anda dapat mulai membuat website dengan blog gratisan.
Ada banyak penyedia blog gratisan, yang terkenal diantaranya ada WordPress, Blogspot, Typepad, Posterous, Tumblr, dan masih banyak lagi.
Untuk yang lokal Indonesia ada Blogdetik dan Goblog. Silahkan Anda pilih sesuka Anda.
Namun jika saya boleh menyarankan, pakailah Blogspot atau WordPress. Karena kedua penyedia blog tersebut sudah banyak dikenal oleh para pengguna internet di dunia, dan lebih mudah dikenal oleh mesin pencari seperti Google dan Yahoo.
Atau, jika Anda tetap ingin membuat website bisnis yang profesional dengan nama domain sendiri, namun jika Anda masih terlalu sibuk untuk membuat sendiri, Anda bisa meng-outsourcing-kan ke penyedia jasa pembuatan website yang banyak tersedia di internet. Atau Anda bisa minta tolong dibuatkan teman Anda yang sudah biasa membuat web.


Langkah ketiga..

 

Setelah website Anda jadi, Anda bisa mengisinya dengan informasi produk / jasa yang Anda punyai. Isi konten website Anda secara meyakinkan. Jangan asal copas, namun usahakan gunakan kata-kata yang memang pantas untuk dipasang di website Anda. Karena ini akan menjadi sarana promosi dan kantor online Anda.
Nah, itulah gambaran besar tiga langkah cara memulai bisnis online.


Setelah itu…..?

 

Sama seperti jenis bisnis lainnya.
Ketika Anda memutuskan untuk membuat bisnis online pastinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.
Tetapi, dari semua hal tersebut, yang terpenting adalah mindset Anda.
Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusia. Ini adalah sesuatu yang bersifat non-teknis. Dan sisanya adalah yang bersifat teknis.
Anda bisa saja memiliki keahlian membuat suatu web yang canggih, dengan berbagai fitur dan tampilan yang keren.
Namun jika Anda tidak mempunyai visi terhadap kemampuan Anda, tidak adanya semangat untuk belajar dan bertahan, ya sama saja. Bisnis Anda akan sampai segitu-segitu saja.
Usahakan supaya bisa memberikan nilai lebih bagi orang-orang di sekitar Anda, bagi kebaikan sesama.
Dengan seperti itu, Anda akan menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online.
Bukankah tujuan utama kita berbisnis adalah agar bisa melayani lebih banyak orang, dan lebih bermanfaat buat sesama.

Oke, sampai disini dulu. Semoga bermanfaat..