Cara Install Windows 10 dengan Menggunakan Flashdisk

Cara Install Windows 10 dengan Menggunakan Flashdisk

Banyak pengguna windows yang telah lama menantikan kehadiran windows 10. Bagi Anda yang belum menginstall OS terbaru ini, segeralah upgrade OS komputer atau laptop Anda dengan Windows 10 ini dan rasakan fitur-fitur baru yang sangat mengagumkan.

Persiapan

Sebelum meng-install windows 10 dengan flashdisk, berikut beberapa hal yang harus Anda persiapkan :


  • Komputer atau laptop dengan kecepatan Processor minimal 1 GHz, RAM minimal 1GB untuk versi 32bit atau 2GB untuk versi 64bit. Untuk penyimpanan sistem sediakan setidaknya 16GB. Hal ini bertujuan agar Windows 10 dapat berjalan dengan lancar (loading tidak berat).
  • USB flahdisk dengan kapasitas minimal 4GB, gunakan kapasitas 8GB jika Anda ingin meng-install versi 64bit.
  • Rufus, tool yang berfungsi untuk membuat bootable USB Flashdisk. Tool ini adalah versi portable, jadi langsung bisa dijalankan tanpa melakukan proses installasi. Jika belum memiliki tool ini, silahkan download rufus melalui link dibawah ini.







Proses Install

Jika persiapan diatas sudah terpenuhi, selanjutnya silahkan simak proses install berikut ini :

Langkah 1

Langkah pertama, siapkan terlebih dahulu file ISO Windows 10 Technical Preview. Untuk pilihan versi 32bit atau 64bit, silahkan disesuaikan dengan spesifikasi komputer atau laptop Anda. Jika belum memiliki file ISO-nya, silahkan download dibawah ini :


Langkah 2

Colokkan flashdisk ke komputer atau laptop dan jalankan aplikasi rufus. Untuk settingan rufus, silahkan sesuaikan seperti gambar berikut. Jika settingan rufus sudah sesuai, klik tombol start. Proses ini akan memakan waktu sekitar 20 menit.

Cara Install Windows 10 dengan Menggunakan Flashdisk

Perhatian :
Pastikan flashdisk yang Anda gunakan kosong atau tidak berisi data-data penting. Jika ada data yang penting, silahkan back-up dahulu data tersebut.

Langkah 3

Jika proses pada langkah 2 berhasil, maka sekarang Anda sudah memiliki bootable Windows 10 via flashdisk.
Langkah selanjutnya silahkan shut down terlebih dahulu laptop Anda. Setelah itu colokkan flashdisk dan hidupkan kembali laptop Anda. Kemudian lakukan booting melalui USB flashdisk, maka akan tampil seperti gambar berikut. Silahkan ikuti petunjuk installasi hingga selesai.




Demikian Cara Install Windows 10 dengan Menggunakan Flashdisk, jika ada kendala atau masih bingung silahkan bertanya melalui kolom komentar.